Friday, April 10, 2015

modifikasi sepeda: sepeda

sepeda
PENGERTIAN SEPEDA
1. kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yg digerakkan kaki untuk menjalankannya; kereta angin; 
-- dames sepeda yg modelnya dirancang untuk wanita; -- dortrap sepeda yg sistem pengeremannya ada pd gir, dilakukan dng mengebelakangkan pedalnya; -- gunung sepeda yg dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dipakai di pegunungan; -- jengki sepeda yg tidak mempunyai palang di antara roda depan dan roda belakang, biasanya sadelnya lebih tinggi dp setangnya; -- kumbang sepeda yg dilengkapi dng motor, jika motornya mati dapat didayung dng kaki; -- mini sepeda yg ukurannya lebih kecil dr biasanya; -- motor sepeda besar yg dijalankan dng motor; -- motor sespan sepeda motor gandeng beroda tiga; -- stasioner sepeda yg bergerak di tempatnya dan khusus untuk berolahraga; 
ber·se·pe·da v mengendarai sepeda. http://www.artikata.com/arti-350393-sepeda.htm
JENIS-JENIS SEPEDA YANG DI MODIFIKASI
Sepeda Gunung / Mountine Bike


Sesuai dengan namanya sepeda ini memang untuk melewati medan pegunungan. Geometri dan ukuran sepeda disesuaikan dengan berat ringannya medan yang dilalui, tidak semua sepeda gunung dapat melalui semua medan. Pemilihan ban untuk sepeda gunung juga berbeda, umumnya memiliki lingkar ban 26 inci bahkan bisa menggunakan lingkar ban 29 inci. Tapak bannya lebih lebar dibanding jenis sepeda lain antara 1,90 inci sampai 2,70 inci bahkan ada yang sampai 3 inci.
Kembang ban juga bermacam-macam, umumnya kelihatan kasar agar lebih kuat menapak ditanah atau bebatuan. Namun ini tidak murni sebagai pedoman, karena sifat sepeda gunung ini yang lebih bisa dipakai disemua medan, maka beberapa yang memakai tapak ban halus untuk pemakaian di jalanan, taman ataupun dirtjump. Beberapa sepeda gunung telah dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang (Fulsus) yang gunanya mengurangi guncangan saat dipakai di medak yang ekstrim.
Sepeda ini digunakan untuk melompat, dikendarai di jalan dan balap slalom. Beberapa orang menganggap sepeda ini merupakan versi besar BMX yang memiliki suspensi depan. Sepeda ini dirancang agar kuat menahan beban saat melompat.

modifikasi sepeda: sepeda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment